Jumat, 22 Juni 2012

Winter di Korsel


3. musim dingin


Musim dingin bahasa koreanya yaitu gyeoul (겨울). Musim ini terjadi pada bulan desember sampai bulan maret. Suhu rata-rata berkisar -8 di daerah Utara, dan 0 di daerah Laut Selatan. ada banyak tempat untuk menikmati salju di Korea, diantaranya adalah Supia Snow Sledding Field di Gwangjin, Seoul, Songdo Amusement Park di Namgu, Incheon-si, Korean Folk Village Snow Sledding Field di Yongin. Disana Anda dapat bermain ski, ice skating dan lainnya. di musim ini, juga terdapat festival-festival yang berhubungan dengan salju.Pada bulan ini sebagian wilayah dikorea berwarna putih karena tertutup salju. Masyarakat korea selalu dilengkapi pakain tebal dan tertutup. Dan berikut beberapa festival di musim dingin :
1.Inje Bingeo Fishing Festival

Pengaturan untuk memancing di es membuat festival ini lebih menghibur. Daripada memancing ikan trout yang terjebak di dalam kolam berisi, penonton festival festival- diundang untuk mencoba memancing di atas sebuah sungai beku. Suhu dingin menusuk tulang- pada akhir Januari tidak mengganggu kegilaan pengunjung yang telungkup di atas es untuk melihat lebih dekat pada ikan. Parapenangkap ikan menikmati tepat di tempat karena mereka hidup di air bersih Soyang Lake, di mana dua saluran air dari pegunungan berkumpul.
2. Hwacheon Sancheoneo Ice-Fishing Festival

Acara utama dari festival ini adalah memancing di es dengan tangan kosong. Beberapa peserta bersedia untuk berani melompat ke dalam air beku kolam untuk mencoba lubang memancing. "Sangat dingin pada awalnya bahkan saya hampir tidak bisa bergerak, tapi ketika saya memasak hasil tangkapan di lokasi, itu menjadi memori yang baik dan kesempatan sekali dalam seumur hidup ," kata salah satu peserta dalam sebuah wawancara.
3. Pyeongchang Songeo Festival

Dimulai pada 22 Desember tahun lalu, Festival Songeo menyelenggarakan berbagai kegiatan musim dingin selain dari ikan es utama, seperti naik eretan dan -skating . Festival selama 46-hari membuat 450.000 orang berkumpul, naik dari 320.000 tahun lalu.








4. Taebaek Festival Salju

Menurut survei yang dilakukan oleh situs portal festival, Taebaek Festival Salju dipilih sebagai lokasi festival  nomor satu di Korea yang ingin dikunjungi. Tahun ini, salju sering turun , meliputi puncak Gunung Taebaek dengan selimut putih dan membuat pemandangan musim dingin sempurna. Pengunjung juga tertarik dengan patung salju menjulang tinggi di sekitar Taebaek City.Pemandangan dari Gunung Taebaek akan diperkenalkan di seluruh Eropa seperti Belanda, Belgia, Jerman, Perancis, dan Spanyolsebuah stasiun penyiaran Belanda diikuti oleh M6 TV Prancis jaringan nasional yangmemfilmkan di daerah tersebut. Program yang terdiri dari sembilan episode akan mengudara pada NET5 dari Belanda dan Belgia VT4 dari 1 April - 27 Mei.
5. Daegwallyeong Snow Festival

Daegwalleyong Festival berlangsung di Pyeongchang, kota tuan rumah untuk Olimpiade Musim Dingin pertama Korea pada tahun 2018. Dalam refleksi dari tema festival, "Dream of Pyeongchang," patung salju yang menggambarkan olahraga Olimpiade seperti ski dan snowboarding dipamerkan.
Puncak festival adalah Marathon Topless Internasional. Peserta berpakaian hanya mengenakan celana pendek ikut ambil bagian dalam maraton meskipun cuaca -20 derajat, menunjukkan bahwa mereka bertekad untuk melawan dingin.
 MAKANAN  MUSIM DINGIN
1.Odeng
Makanan korea yang satu ini biasanya sering ditemui di sepanjang jalan,Pedagang menjualnya dengan mengguakan tenda “Pojangmacha”.  Odeng merupakan makanan yang kerap dicari ketika musim dingin tiba. Odeng ini mirip sekali dengan bakso, isinya berupa daging ikan cara memakannya ialah dengan ditemani kaldu kuah panas. Ketika malam tiba biasanya tenda-tenda yang berjualan odeng ini ramai  kedatangan  banyak pelanggan,  karna odeng sangat cocok untuk menghangatkan badan apalagi  dimusim dingin tiba.

Hotteok

Yang terkenal lagi dipinggir jalan yakni Hotteok, makanan ini mirip sekali dengan martabak. Hotteok merupakan cemilan sederhana, memiliki cita rasa manis dan sangat cocok dimakan disaat dingin. Hotteok bisa dibilang mirip dengan pancake, makanan ini terbuat dari campuran tepung beras, gula, kacang tanah dan juga kayu manis. Proses memasaknya yakni digoreng dengan hati-hati.
Topokki


Makanan yang satu ini mungkin bisa terbilang sudah mendunia karena toppokki adalah salah satu makanan yang terkeal di Korea, Bukan hanya di musim dingin saja makanan ini kerap dicari orang namun  makanan ini juga senantiasa hardir di musim panas, semi dan juga gugur. Makanan ini memiliki cita rasa pedas dan sedikit anis. Biasanya Toppoki ini juga disajikan pada tahun baru  dan dinikmati sepanjang tahun  di Tteokbokki.
Makanan ini  campuran dari kue beras  dicampur dengan kue ikan , pasta ikan rebus , digoreng kemudian direndam dengan pasta cabai merah.  Ramuan tersebut semua dicampur bersamaan kemudian disajikan dengan secangkir kaldu panas . Toppoki merupakan makanan yang tepat utuk menghangatkan tubuh, mengisi perut yang keroncongan dan yang pasti memiliki cita rasa yang lezat.
Bungeo-ppang/ Kue Ikan 


Pada musim dingin makanan ini juga kerap menjadi makanan yang banyak dicari di Korea. Mudah sekali untuk mendapatkan Bungeo-ppang, karena banyak pedangang di pinggir jalan yang menjualnya. Bungeo-ppang ini terbuat dari gandum dan  tepung beras ketan kemudian menggunakan kacang merah sebagai isiannya.







BUSANA MUSIM DINGIN



1 komentar:

  1. Pengen ngrasain musim salju di korea.. pasti seru tuh.. :D
    Nice artikel :)

    BalasHapus